Bertemu Kemenkes-WHO, Wiranto Tegaskan RI Bebas Corona Bukan Asal Bicara

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 13:40 WIB
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto bertemu Kemenkes hingga WHO.
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto bertemu Kemenkes hingga WHO. (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto mengumpulkan sejumlah pihak untuk membahas perkembangan virus Corona (COVID-19). Pertemuan itu membahas Indonesia yang masih aman dari Corona hingga cara memitigasi diri dari penyebaran virus Corona.

"Hari ini kami mengundang para tokoh mempunyai kompetensi terhadap virus Corona. Dari Kemnekes, perwakilan WHO, lembaga penelitian molekuler Eijkman yang juga sangat interest terhadap meneliti dari virus Corona ini," ujar Wiranto usai pertemuan tertutup di kantor Wantimpres, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Wiranto mengungkapkan ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan itu. Di antaranya pernyataan dari sejumlah pihak yang meragukan Indonesia masih bebas dari virus Corona.

"Dari pertemuan ini beberapa hal. Kita paham bahwa ada pernyataan dari pejabat terkait masalah ini bahwa dari hasil pemeriksaan spesimen dari perlengkapan atau kit kita yang sudah begitu canggih kita dapat menyampaikan bahwa di Indonesia saat ini belum ada kasus Corona yang dilaporkan. Tentu ini bukan asal bicara tapi merupakan hasil usaha yang maksimal, hasil penelitian yang maksimal, suatu usaha yang maksimal dari pihak terkait bagaimana kita memitigasi corona di Indonesia," kata Wiranto.

Wiranto mengaku sudah menerima jawaban atas pertanyaan yang meragukan Indonesia masih terbebas dari penyebaran virus yang mematikan itu. Wiranto menyebut pemerintah telah melakukan penanganan dan antisipasi dengan baik.

"Memang banyak pihak yang menyangsikan 'apa benar sih bahwa kita zero?' tadi dalam pertemuan sudah terjawab bahwa memang kesangsian itu dapat terhapus tatkala pihak pemerintah Indonesia dengan cepat dan tepat telah menangani ini dengan baik," jelas dia.

Simak Video "Peneliti Rilis Gambar Paru-paru Pasien Terinfeksi Virus Corona COVID-19"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2