Agus Pambagio Kritik Sistem Pencegahan Corona di Soetta: Cuma Modal Formulir

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 12:45 WIB
Agus Pambagio, kolumnis detikcom dan pengamat kebijakan publik
Foto: Agus Pambagio (Ari Saputra)
Jakarta -

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengeluhkan sistem pencegahan virus corona di Bandara Soekarno-Hatta. Dia menilai pencegahan virus corona dengan hanya memakai formulir justru menghambat.

Mulanya, Agus menyampaikan keluhannya itu melalui sebuah status di akun Facebooknya. Dia mengaku harus mengantri untuk mengisi formulir kesehatan.

"Kemarin sore setelah mendarat setelah badan sudah lelah karena terbang 15 jam lebih, ingin cepat-cepat sampai rumah di T3 Internasional CGK harus mengantri panjang isi formulir yang menurut saya tidak ada gunanya untuk memantau Corona tapi bikin repot," tulis Agus di akun Facebooknya, Kamis (17/2/2020).


Dia pun mengkritik pemakaian formulir kesehatan tersebut. Soalnya, mereka yang sudah mengisi formulir diminta untuk melapor jika merasa tidak sehat. Padahal menurutnya, formulir itu bisa diisi asal-asalan karena tidak ada pengecekan kesehatan.

"Setelah mengisi kita serahkan ke petugas dan dia bilang: "mohon lapor kalau terasa badan tidak sehat". Lha siapa yang mau lapor. Ngisinya pun bisa asal-asalan. Walau sakit bisa diisi sehat tanpa ada petugas yang peduli dan ngecek. Tidak ada alat pengukur suhu badan dan sebagainya seperti di negara lain. Apa ini bermanfaat untuk mengontrol Corona di Indonesia. Wahai Pak Menkes lebih baik memang berdoa dari pada buat antrian. Salam," lanjut Agus dalam status itu.

Simak Video "Update! 69 Ribu Orang Kena Virus Corona, 1.669 Tewas dan 9.419 Sembuh"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2 3