10 Temuan Terkini Bapeten-Batan soal Sumber Limbah Radioaktif di Tangsel

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 12:41 WIB
Pengangkutan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dilanjutkan (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Pengangkutan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dilanjutkan (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Limbah radioaktif bikin geger warga di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menyelidiki sumber radioaktif itu. Intip 10 temuannya:

Penemuan ini bermula ketika Bapeten melakukan pengujian rutin fungsi alat pemantau radioaktivitas lingkungan bergerak (mobile RDMS-MONA). Bapeten sudah memiliki alat ini sejak 2013 dan selalu dilakukan uji fungsi alat.

Pada tanggal 30-31 Januari 2020, Bapeten melakukan uji fungsi dengan meliputi target area Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah dan Stasiun KA Serpong.

Secara umum, nilai paparan radiasi lingkungan di daerah tersebut normal, namun terjadi peningkatan atau kenaikan nilai paparan radiasi di tanah kosong, dekat lapangan voli Blok J, lingkungan perumahan Batan Indah.

Perumahan ini diketahui mengandung radiasi melebihi ambang batas normal berkat pemantauan pada 30-31 Januari 2020. Bapeten menemukan serpihan sumber radiasi itu pada 7 dan 8 Februari kemarin. Bapeten langsung memasang garis pembatas (safety perimeter) agar warga tidak mendekat ke lokasi.

Tim kemudian melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal.

Berikut temuan dari Bapeten dan Batan soal limbah radioaktif:

Video Batan Sudah Angkut 87 Drum Paparan Limbah Radioaktif :

[Gambas:Video 20detik]


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4