Masyarakat Harap Waspada, Ada Penipu Catut Nama Kapolresta Banda Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 10:52 WIB
Ilustrasi Penipuan Mama Minta Pulsa
Foto ilustrasi tak terkait langsung dengan berita. (Dok. detikcom)
Banda Aceh -

Aksi penipuan dengan mencatut nama Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto mulai terjadi di Tanah Rencong. Polisi turun tangan menyelidiki identitas pelaku.

"Saya mengingatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari para pejabat, kepala instansi, camat, hingga kepala desa, jangan sampai menjadi korban penipuan. Apalagi kalau ada yang menghubungi menggunakan nomor seluler mengatasnamakan saya, ini tidak benar. Saya tidak pernah hubungi siapa pun untuk meminta sejumlah uang," kata Trisno kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Menurutnya, aksi penipuan yang dilakukan pelaku menyasar pejabat hingga masyarakat. Ada sejumlah orang yang dihubungi pelaku dengan tujuan meminta sejumlah uang.

Untuk meyakinkan korban, pelaku juga memasang foto Trisno sebagai foto profil. Meski demikian, belum ada korban yang menyerahkan uang sesuai yang diminta pelaku.

"Apabila mendapatkan telepon dari orang yang mengaku Kapolresta Banda Aceh, segera laporkan ke Polresta Banda Aceh. Atau bisa konfirmasi langsung ke nomor telepon pelayanan Polresta Banda Aceh di nomor 0811-6781-110," sebutnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh AKP M Taufiq mengaku masih menyelidiki kasus penipuan tersebut. Dia mengimbau masyarakat untuk meng-crosscheck terlebih dulu jika dihubungi orang mencurigakan.

"Masih tetap kita lakukan penyelidikan untuk pelaku, dan imbauan dari polisi agar (masyarakat) jangan mudah percaya," kata Taufiq saat dikonfirmasi terpisah.

(agse/gbr)