Ahok Dinilai Berhasil Atasi Banjir Karena Lanjutkan Program Jokowi, Kalau Anies?

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 06:47 WIB
Ahok
Foto: Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Survei Indo Barometer menyebut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi gubernur DKI Jakarta yang paling berhasil menangani banjir dibandingkan dengan Joko Widodo maupun Anies Baswedan. Menurut peneliti tata kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga, Ahok berhasil mengatasi banjir karena melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya juga menjabat sebagai gubernur DKI.

"Dalam hal penanganan banjir sebenarnya saat Pak Jokowi (menjabat gubernur DKI, red) sudah mulai melakukan penanganan banjir dengan baik, salah satu keberhasilannya atau revitalisasi Waduk Pluit dan Waduk Ria-Rio, serta sosialisasi dan rencana penataan bantaran kali dan relokasi warganya," ucap Nirwono kepada detikcom, Minggu (16/2/2020) malam.

Menurut Nirwono, Ahok memiliki nilai tambah karena sikap tegasnya. Dia mampu melakukan penataan beberapa titik kali Ciliwung.


"Kemudian dilanjutkan oleh Pak Ahok, dan harus diakui keberanian dan ketegasan Pak Ahok lah yang membuat penataan Kali Ciliwung di Kampung Pulo dapat terwujud setelah sekian Gubernur DKI tidak pernah berasil menatanya, serta pembongkaran bangunan di atas saluran air juga banyak dilakukan, dan pembebasan lahan untuk pembangunan waduk-waduk baru juga dilakukan," ucap Nirwono.

Namun, lanjut Nirwono, Anies Baswedan tak meneruskan program dua pemimpin DKI sebelumnya. Dari pengamatannya, tak banyak yang dilakukan Anies untuk mengatasi banjir.

"Upaya yang telah dirintis Pak Jokowi dan kemudian dilanjutkan Pak Ahok dengan lebih giat lagi dalam menangani banjir, sayangnya tidak dilanjutkan oleh Pak Anies. Praktis dalam 2 tahun terakhir tidak banyak yang dilakukan," ucap Nirwono.

Selanjutnya
Halaman
1 2