Ada Limbah Radioaktif di Tangsel, Tumbuhan dan Hewan Ikut Diperiksa

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 16:59 WIB
Petugas membersihkan sisa radioaktif di kawasan Batan Indah, Tangsel. Penyelidikan terkait adanya paparan radioaktif di kawasan itu masih terus dilakukan.
Foto: Antara Foto/Muhammad Iqbal
Jakarta -

Limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) masih belum diangkut seluruhnya. Identifikasi untuk mencari siapa saja yang terkontaminasi akan dilakukan.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Heru Umbara menjelaskan, kondisi air di sekitar pemukiman aman. Tumbuhan, kata dia, telah dilakukan pengecekan dan tinggal menunggu hasilnya saja.

Heru mengatakan, warga Batan Indah juga akan diminta melakukan Whole Body Counting (WBC) besok (Senin, 17/2). Namun untuk hewan di perumahan Batan Indah, sambungnya, masih dimungkinkan untuk diindentifikasi apakah terkena radiasi zat radioaktif atau tidak.

"Nanti kemungkinan kalau ada indikasi ke arah sana, kita akan lakukan ke arah situ (mengecek hewan). Tapi tumbuhan, pohon, sudah kita lakukan (pengecekan), tapi hasilnya belum keluar," kata Heru, di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Minggu (16/2/2020).

Namun, Heru tidak menjelaskan secara rinci hewan apa saja yang dimungkinkan akan diindentifikasi. Apakah hanya hewan peliharaan atau juga hewan liar di perumahan Batan Indah, belum diketahui.

Petugas Kembali Bersihkan Limbah Radioaktif di Batan Indah:

Selanjutnya
Halaman
1 2