Khawatir Terpapar Radioaktif, Warga Perumahan Batan Bakal Dicek Tubuh

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 12:59 WIB
Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Abdul Qohhar
Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Abdul Qohhar (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Ada limbah yang berisi zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Warga sekitar pun akan menjalani pengecekan.

Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Abdul Qohhar menjelaskan warga Perumahan Batan Indah akan menjalani whole body check (WBC). Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada warga yang terpapar radioaktif atau tidak.

"Untuk itu, rencananya besok (Senin, 17/2), yang sudah disampaikan oleh pimpinan juga, dari warga ini akan di-sampling untuk melakukan tes yang namanya WBC. Untuk melihat apakah ada kontaminan (pengontaminasi) radioaktif yang masuk ke tubuh," kata Abdul di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Minggu (16/2/2020).

Abdul mengatakan WBC akan dilakukan petugas Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Dia pun menerangkan WBC dilakukan untuk melihat zat radioaktif yang masuk ke tubuh seseorang masih dalam batas aman atau tidak.

"Kalau di bawah batas, it's OK berarti ya. Kalau melebihi batas, ini harus ada treatment lagi. Treatment teknis itu nanti mungkin bisa ditanyakan ke yang lebih paham itu," ujarnya.

Petugas Kembali Bersihkan Limbah Radioaktif di Batan Indah:

Selanjutnya
Halaman
1 2