Kembali Berpasangan di Pilbup Gowa 2020, Adnan-Kio Deklarasi 'Doboloki'

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 20:40 WIB
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa Petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallaganni Karaeng Kio
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa Petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallaganni Karaeng Kio (Foto: dok. Istimewa)
Makassar -

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Gowa petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallaganni Karaeng Kio atau Adnan-Kio, kembali maju di Pilbup 2020. Adnan-Kio mendeklarasikan diri dengan mengusung slogan 'Doboloki'.

Hal ini disampaikan oleh Adnan Purichta dan Karaeng Kio saat meminta restu dan dukungan kepada 2.000-an warga Gowa yang hadir di Gedung Haji Bate, Jalan Tumanurung, Gowa.

'Doboloki' merupakan bahasa Makassar, yang artinya dua kali atau dimaksudkan dua periode. Deklarasi dilakukan di hadapan masyarakat Gowa yang berkumpul di Gedung Haji Bate, Jalan Tumanurung, Gowa, Sabtu (15/2/2020). Berbagai sepanduk bertulisan 'Doboloki' meramaikan acara deklarasi.

"Jadi ini bukan deklarasi. Hari ini tidak lain kami meminta restu kepada kita semua. Karena berkat doa dan perjuangan Bapak-Ibu sekalian mampu mendudukkan kami pada periode lalu," kata Adnan dalam sambutannya.

Adnan mengatakan deklarasi sengaja dilakukan sebelum adanya deklarasi partai politik terhadap dirinya karena ingin meminta restu masyarakat Gowa. Dia juga meminta kepada tim, relawan, dan seluruh masyarakat Gowa untuk mendoakan dan merestui pencalonan Adnan-Kio periode kedua.

Diketahui, masyarakat Gowa yang hadir dalam deklarasi tersebut merupakan perwakilan desa dan kelurahan se-Kabupaten Gowa berserta pimpinan ormas dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Karaeng Kio menegaskan siap kembali mendampingi Adnan pada pilbup kali ini.

"Saya bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Adnan Purichta Ichsan, yang rela menerima saya mendampingi untuk periode kedua beliau," ungkap Karaeng Kio.

Karaeng Kio menegaskan telah mewakafkan diri untuk kemajuan Kabupaten Gowa yang jauh lebih baik. Untuk mewujudkan hal itu, Karaeng Kio mengaku harus setia mendampingi Adnan Purichta.

Kembali Berpasangan di Pilbup Gowa 2020, Adnan-Kio Deklarasi 'Doboloki'Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallaganni Karaeng Kio (Foto: dok. Istimewa)

"Saya mewakafkan diri saya kepada kita semua d Kabupaten Gowa. Dan siap mendampingi Pak Adnan Purcihta Ichsan. Yakinilah bahwa saya mendampingi dengan ketulusan dan keikhlasan tanpa neko-neko," ungkapnya.

Sebelumnya, saat hendak menuju lokasi deklarasi, Adnan bersama istrinya, Priska Paramita Adnan, serta Karaeng Kio berziarah ke makam mantan Bupati Gowa yang ayah Adnan, almarhum Ichsan Yasin Limpo. Setelah dari makam ayahnya, Adnan kemudian ke kediaman ibunya, Novita Madonsa Ichsan, di Jalan Hertasning untuk meminta izin dan restu.

Adnan dan Kr Kio kemudian berziarah ke makam Syekh Yusuf, dilanjutkan ke Masjid Tua Katangka, untuk melakukan salat duha. Dari Masjid Tua Katangka, rombongan kembali melakukan ziarah ke makam Sultan Hasanuddin dan Karaeng Pattingalloang.

(nvl/fdn)