Bapeten Duga Ada yang Sengaja Buang Limbah Radioaktif di Batan Indah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 17:58 WIB
Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan.
Kabiro, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan (Rolando/detikcom)
Tangerang Selatan -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menduga ada pihak yang sengaja membuang limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Bapeten memastikan akan menginvestigasi dugaan tersebut.

"Jadi intinya begini, perlu ditegaskan bahwa ini bukan kebocoran atau kejatuhan atau fall out, gitu. Semata-mata mungkin ini memang ada yang meletakkan, menaruh, membuang, atau apa pun. Kita akan menginvestigasi lebih lanjut," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan, Sabtu (15/2/2020).

Bila dugaan tersebut benar, Indra mengatakan perbuatan membuang limbah radioaktif dapat dipidana. Dia mengatakan Bapeten telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Yang jelas begini, perbuatan, seperti halnya juga di regulasi, untuk limbah zat radioaktif, membuang limbah itu adalah perbuatan pidana. Artinya kami juga berkoordinasi juga dengan Polri apakah bisa kita tingkatkan menjadi level suatu penyelidikan pidana atau tidak," ujar Indra.

Indra mengatakan hingga kini Bapeten masih menunggu hasil investigasi dari tim teknis. Bila ada temuan bahwa benar ada pihak yang membuang limbah radioaktif, Bapeten akan meningkatkan koordinasi dengan kepolisian.

"Ini sekarang kita lagi nunggu hasil tim teknisnya begitu, telah ada hasilnya, kita akan tingkatkan koordinasi dengan pihak penegak hukum. Kalau memang sampai sana (tindak pidana)," imbuhnya.

Simak Video "Pabrik Dicurigai Buang Limbah Diam-diam, Cemari Sungai di Sulsel"

Selanjutnya
Halaman
1 2