Bapeten Akan Cek Lagi Adakah Sisa Radioaktif di Batan Indah Besok

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 17:29 WIB
Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyanto. (Foto: Rolando/detikcom)
Sestama Bapeten Hendrianto Hadi Tjahyanto (Rolando/detikcom)
Tangerang Selatan -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) akan kembali memetakan paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Bila diperlukan, Bapeten akan mengeruk tanah di sekitar titik paparan radioaktif.

"Nah makanya, untuk langkah yang di tempat ini, besok kami, saya kira besok akan melakukan mapping. Jadi mapping akan dilihat lagi, apakah sudah diangkat semua, misalkan ada sisa-sisa, akan kami keruk lagi," kata Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten Hendrianto Hadi Tjahyanto di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Sabtu (15/2/2020).

Hadi mengatakan traktor untuk mengeruk tanah pun disiagakan di lokasi. Bila pemetaan dirasa sudah cukup, titik paparan radioaktif akan dinyatakan kembali seperti sedia kala.

"Makanya si pengeruk masih di sini. Jadi sewaktu-waktu masih di sini perlu keruk lagi, ya, kami keruk lagi. Nah, misalkan sudah beres mapping-nya, ya, sudah kami bisa declare bahwa daerah ini kembali semula," ujarnya.

Hadi mengatakan sumber radioaktif di Perumahan Batan Indah berasal dari sisa limbah. Menurutnya, sisa limbah tersebut seharusnya dikelola dengan baik atau disimpan di Batan.

"Nah, limbah itu dari mana asalnya, misalkan limbah dari satu usaha, dia punya limbah, limbahnya kan harus dilimbahkan, disimpan di fasilitas pengelolaan limbah, itu mungkin di Batan atau mungkin dia direekspor kembali, mungkin dia beli dari negara mana harus diekspor ke sana. Nah, ini ada catatannya, itu harus kita cross-check," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2