Menkes: 238 WNI dari Natuna Sangat Sehat, Dilengkapi Sertifikat Kesehatan

Yogi Ernest - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 16:00 WIB
Menkes Tepis Riset Harvard soal Corona: Suruh Mereka ke Sini
Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 238 WNI yang telah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau, telah tiba di Jakarta. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan 238 WNI tersebut dalam keadaan sangat sehat.

"Saya baru saja mendarat bersama rombongan pertama, kloter pertama tadi mengangkut 100-an orang. Mendaratnya karena tadi karena landasan yang tadi ramai juga, jadi groundnya ada di haji kalau nggak salah, bukan di base ops, terminal selatan. Dan mereka semua dalam keadaan sehat," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

238 WNI tersebut bahkan telah dilengkapi sertifikat kesehatan. "Kami lengkapi juga sertifikat kesehatan dia dari hasil pemeriksaan, pemantauan selama observasi," ujarnya.

Terawan mengatakan, dalam proses pemulangan 238 WNI tersebut juga didampingi oleh perwakilan dari WHO. Hal itu untuk menunjukkan bahwa proses observasi kesehatan para WNI tersebut dilakukan secara terbuka.

"Ini semua disaksikan oleh temen dari who dari representatif dari kepalanya di sini. Jadi Mereka lihat langsung betapa kita ini sangat terbuka dalam informasi, tidak ada yang disembunyikan. Dan beliau juga ikut terharu saudara kita ini berhasil menjalani observasinya dengan baik," kata Terawan.

Pesawat TNI AU yang membawa warga negara Indonesia (WNI) dari Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), mendarat di Jakarta. Mereka diterbangkan ke Bandara Halim Perdanakusuma setelah selesai menjalani observasi selama 14 hari di pangkalan militer di Natuna.

Pesawat pertama mendarat di Bandara Halim ialah pesawat Hercules sekitar pukul 15.20 WIB. Pesawat ini sebelumnya lepas landas dari Lanud Raden Sadjad sekitar pukul 13.10 WIB tadi.

(mae/jbr)