Tim KBR Brimob Ambil Sampel Tanah Terpapar Radioaktif di Batan Indah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 14:35 WIB
Tim Teknisi Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR) dari Korps Brimob Polri diterjunkan ke lokasi yang terpapar radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (15/2/2020). Tim KBR mengecek di titik paparan radioaktif.
Tim KBR Brimob mengecek titik radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangsel. (Grandyos Zafna/detikcom)
Tangerang Selatan -

Tim Teknisi Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR) dari Korps Brimob Polri mengecek titik radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Tim Teknisi KBR mengambil sampel tanah dari lokasi tersebut.

Pantauan detikcom di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Sabtu (15/2/2020) pukul 13.45 WIB, Tim Teknisi KBR mulai mendekati gundukan tanah yang ditutupi terpal. Ada tiga personel Tim Teknisi KBR yang mendekati gundukan tanah menggunakan sarung tangan, masker wajah, dan pelindung alas kaki untuk mengambil sampel tanah.

Tim KBR Brimob Ambil Sampel Tanah Terpapar Radioaktif di Batan IndahTim Teknisi KBR Korps Brimob Polri mengambil sampel tanah. (Rolando/detikcom)



Tim Teknisi KBR membawa ember kotak berwarna kuning menuju titik gundukan tanah tersebut. Saat tiba di gundukan, salah seorang personel membuka terpal tersebut, lalu memasukkan sejumlah tanah ke dalam ember kuning, kemudian menutup ember.

Setelah itu, Tim Teknisi KBR menutup kembali gundukan tanah menggunakan terpal. Para personel pun meninggalkan lokasi tersebut.

Para personel Tim Teknisi KBR yang mengambil sampel terlebih dahulu dicek tubuhnya menggunakan sebuah alat. Pengecekan dilakukan untuk memastikan ada-tidaknya radioaktif menempel pada tubuh personel.

Tonton juga Batan Akan Lakukan Pembersihan di Area yang Terpapar Radioaktif :

Selanjutnya
Halaman
1 2