Sumber Radioaktif di Tangsel Ditemukan, Bapeten: Disimpan di Batan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 14:13 WIB
Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyanto. (Foto: Rolando/detikcom)
Sestama Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyanto. (Foto: Rolando/detikcom)
Tangerang Selatan -

Sumber radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), sudah diangkat. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengungkapkan, sumber radioaktif itu kini disimpan di fasilitas limbah Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

"Alhamdullilah, kita menemukan sumbernya. Ada lima spot. Sudah kita temukan semua, kita angkat, kita simpan di fasilitas limbahnya milik Batan. Oleh karena itu, saat ini daerah ini sudah kosong, ini sudah tidak ada sumber kontaminannya," kata Sekertaris Utama (Sestama) Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyanto, di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Sabtu (15/2/2020).


Meskipun telah diangkat, Hadi mengungkapkan bahwa tanah di sekitar titik penemuan sumber radioaktifnya sudah tercemar. Karena itulah, pihak Bapeten mengeruk tanah-tanah di sekitar titik penemuan tersebut.

"Tapi sumber kontaminan itu cukup lama ada di sini, sehingga dia sudah kehujanan dan lain-lain. Itu jadi mungkin mencemari tanah. Oleh karena itu, tanah-tanah di sini, meski sumbernya sudah diangkat, tapi tanah-tanah di sini nampaknya juga tercemar," ungkap Hadi.

"Oleh karena itu, di sini ada traktor, segala macam, mulai mengeruk tanah-tanah daerah yang tercemar itu. Kita keruk 2-3 hari kemarin, dan tanahnya sudah kita amankan di fasilitas limbahnya Batan," imbuhnya.

Tonton juga Kondisi Lokasi di Tangsel yang Terpapar Radioaktif :

Selanjutnya
Halaman
1 2