Sungai Babura di Medan Meluap: 60 KK Mengungsi, 1 Warga Lumpuh Dievakuasi

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 13:24 WIB
Sungai Babura di Medan meluap mengakibatkan puluhan rumah tergenang banjir (Datuk Haris Molana/detikcom)
Sungai Babura di Medan meluap mengakibatkan puluhan rumah tergenang banjir. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Air Sungai Babura di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Medan, meluap. Akibatnya, puluhan rumah yang berada di Lingkungan VI Sungai Babura terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter.

Pantauan detikcom, air Sungai Babura terlihat deras dan merendam rumah-rumah warga. Ada yang sudah mengungsi ke masjid setempat dan ada juga di kantor kelurahan. Di antara mereka ada juga yang mengungsi ke rumah warga lain yang lebih tinggi.

Tampak juga di lokasi ada sejumlah petugas BPBD Medan dan personel kepolisian dari Polsek Sunggal. Mereka bersiaga dan mengevakuasi seorang warga yang sakit lumpuh menggunakan perahu karet.

"Di lingkungan kita ini ada 60 KK, ada sekitar 200 orang yang saat ini sedang mengungsi di Masjid Al-Qomar dan rumah-rumah warga, termasuk di kantor kelurahan. Ketinggian air saat ini 1-1,5 meter," kata Kepala Lingkungan VI Kelurahan Beringin, Arfa Lubis, kepada detikcom, Sabtu (15/2/2020).

Arfa menyebutkan banjir ini merupakan kiriman air dari pegunungan, sehingga Sungai Babura tidak sanggup menampung dan akhirnya meluap ke permukiman warga.

Sungai Babura di Medan Meluap: 60 KK Mengungsi, 1 Warga Lumpuh DievakuasiSungai Babura di Medan meluap mengakibatkan puluhan rumah tergenang banjir (Datuk Haris Molana/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2