Ini Alasan Pemerintah Rombak Skema Penyaluran Dana BOS

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 12:05 WIB
Diskusi Polemik Skema Dana BOS, Kenapa Diubah? di Ibis Tamarin, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.
Diskusi Polemik 'Skema Dana BOS, Kenapa Diubah?' di Ibis Tamarin, Jl KH Wahid Hasyim, Jakpus. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah merombak skema penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Salah satu alasan perombakan adalah keterlambatan pihak sekolah menerima dana tersebut sehingga kepala sekolah harus menalanginya.

"Jadi poinnya adalah dalam rangka menjawab beberapa keterlambatan dari proses pembelajaran siswa," ujar Kasubdit Dana Alokasi Khusus Nonfisik DJPK Kemenkeu Kresnadi Prabowo Mukti dalam diskusi Polemik 'Skema Dana BOS, Kenapa Diubah?' di Ibis Tamarin, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (15/2/2020).


Kresnadi mengatakan dana BOS tahun lalu diberikan pada Januari dan Februari, tapi baru sampai ke sekolah pada Maret atau April. Hal ini disebut karena adanya dinamika dalam koordinasi di masing-masing pemda.

"Memang kalau kita melihat di bulan-bulan Januari dan Februari, harus kita akui dulu, apakah sudah dari kas negara itu sudah ke pemda? Memang sudah, cuma ke sekolahnya rata-rata bulan Maret atau April," kata Kresnadi.

"Hal ini harus kita antisipasi. Kenapa terlambat? Karena memang beberapa dinamika koordinasi di pemda tidak bisa kita mungkiri, ada beberapa dinamikanya," sambungnya.

Tonton juga Top! Nadiem Beri Jatah 50% Dana BOS Untuk Upah Guru Honorer :

Selanjutnya
Halaman
1 2