Polisi Siap Selidiki Video Hoax Pasien Corona di Medan

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 10:52 WIB
Wabah virus corona telah memakan 80 orang korban tewas. Indonesia mengantisipasi masuknya virus corona dengan pemeriksaan penumpang di sejumlah bandara.
Ilustrasi (Foto: dok. Antara Foto)
Medan -

Sebuah video yang diduga berisi informasi bohong alias hoax soal pasien Corona dirawat di RS Adam Malik, Medan, beredar. Polisi mengatakan siap menyelidiki penyebaran hoax tersebut.

"Bisa (diselidiki), nggak ada masalah," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak, Sabtu (15/2/2020).

Namun Maringan mengatakan pihaknya belum menerima laporan soal video hoax tersebut. Dia memastikan polisi bakal menindaklanjuti jika ada laporan yang diterima.

"Kita nggak dapat video itu. Semua laporan masyarakat pasti akan diproses," ucapnya.

Sebelumnya, sebuah video berdurasi 50 detik beredar di media sosial. Dalam video itu, terlihat seorang pria menggunakan masker dan berbicara tentang pasien pengidap virus Corona dirawat di RS Adam ,Malik Medan.

""Buat teman-teman semuanya, saya mendapatkan informasi dari rekan medis bahwa penyakit Corona sudah masuk ke wilayah Medan, Sumatera Utara, tepatnya pasien tersebut sedang di Rumah Sakit Haji Adam Malik, Medan," ujar pria tersebut.

Pihak RS Adam Malik sudah angkat bicara dan memastikan informasi dalam video itu tidak benar. Menurut RS Adam Malik, belum ada pasien pengidap virus Corona yang dirawat pihaknya. Pihak RS Adam Malik juga meminta semua pihak berhenti menyebarkan hoax.

"RSUP H Adam Malik sampai saat ini belum ada merawat pasien suspect nCoV atau yang sekarang disebut sebagai COVID-19," ucap Kasubbag Humas RSUP Adam Malik, Rosario Dorothy.

Tonton juga Ratusan Tenaga Medis di China Tertular Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/fdn)