Round-Up

Muncul Isu Manipulasi, Surat Anies Akhirnya Direvisi

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 07:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto: Wilda Nufus/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya bakal merevisi surat balasan atas persetujuan Komisi Pengarah atas izin Formula E di Monas. Sebelumnya, ada kekeliruan soal penyebutan Rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dalam surat ini sehingga menimbulkan polemik.

Cerita bermula saat Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan mengirimkan surat balasan sebagai tindak lanjut atas persetujuan Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Komisi Pengarah. Dalam surat tersebut Anies mengatakan telah mendapatkan rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya.

"Dalam rangka menjaga fungsi, kelestarian lingkungan dan cagar budaya di Kawasan Medan Merdeka dalam pelaksanaannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperoleh rekomendasi TIM Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta yang dituangkan dalam surat Kepala Dinas Kebudayaan tanggal 20 Januari 2020 nomor 93/-1.853.15 tentang penyelenggaraan Formula E 2020," tulis Anies dalam suratnya.

Hal ini kemudian dibantah oleh Ketua TACB DKI Jakarta Mundardjito. Dia mengaku tak pernah merekomendasikan gelaran Formula E di Monas.

Dia mengaku tak berkomunikasi dengan pemprov DKI terkait hal ini. Dia juga mengaku mendapatkan informasi dari media massa.

"Saya nggak tahu, kita nggak bikin (rekomendasi), saya ketuanya kan," ucap Mundardjito saat dihubungi, Rabu (12/2/2020).

Hal ini kemudian memicu banyak tanggapan. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pun buka suara. Dia menduga ada manipulasi dilakukan soal ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2