Bapeten Cari Tahu Oknum Pembawa Serpihan Radioaktif di Batan Indah

Ahmad Bil Wahid, Ahmad Bil Wahid - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 06:51 WIB
Seorang jurnalis foto memotret lokasi ditemukannya paparan tinggi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (14/2/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Foto: Seorang jurnalis foto memotret lokasi ditemukannya paparan tinggi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (14/2/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta -

Area di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel), terpapar radioaktif. Serpihan radioaktif sudah ditemukan. Dari mana asal paparan radioaktif hingga ditemukan di area itu? Siapa pula oknum pembawa unsur berbahaya itu?

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengatakan saat ini Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) sedang melakukan uji laboratorium terhadap barang bukti yang ditemukan. Dari hasil forensik itu akan diketahui dari mana asal-usul sumber paparan radioaktif tersebut.

"Barang bukti yang kita kumpulkan sedang dilakukan forensik nuklir di laboratorium Batan, nanti kita akan tentukan langkah selanjutnya dan nanti bisa kita ketahui apakah dari data itu bisa ditindaklanjuti tentang identitas objeknya, siapa yang menggunakan, dan kemudian kira-kira adakah pelaku yang bisa kita tentukan dari data forensik nuklir itu," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapetan, Indra Gunawan kepada detikcom, Jumat (14/2/2020) malam.



Indra menyebut, reaktor nuklir terdekat dari lokasi yaitu Kawasan Nuklir Serpong. Lokasi itu berjarak sekitar 4,8 Km dari Perumahan Batan Indah.

"Kalau lokasi instalasi nuklir terdekat relatif jauh. Terdekat yakni di Kawasan Nuklir Serpong (Tangerang Selatan)," kata Indra.

Bapeten Cari Tahu Oknum Pembawa Serpihan Radioaktif di Batan IndahFoto: Google Maps

Selanjutnya
Halaman
1 2