Ini Keterangan Lengkap soal Perumahan Batan Tangsel Kena Radioaktif

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 05:37 WIB
Bicara kecelakaan nuklir banyak orang teringat dengan peristiwa Chernobyl. Namun, ada sejumlah kecelakaan nuklir lain yang disebut terparah dalam sejarah.
Foto ilustrasi (Dok. Reuters)
Jakarta -

Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Banten, terpapar radioaktif. Di kawasan itu, unsur radioaktif lebih tinggi ketimbang kawasan lainnya.

Hal ini diketahui dari pernyataan resmi Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), tertanggal 14 Februari 2020. Awalnya, pada 30-31 Januari, Bapeten melakukan pemantauan, dan teramati Perumahan Batan Indah mempunyai nilai paparan radiasi di atas normal.

Bapeten sudah melakukan pengecekan ulang dan penyisiran ke lokasi terkait penemuan adanya kenaikan laju radioaktif. Bapeten juga melakukan koordinasi ke RT setempat untuk memasang safety perimeter, membatasi kawasan yang aman dan kawasan yang tidak aman.

Pada 7 dan 8 Februari, Bapeten juga telah menemukan sumber serpihan yang diduga menyebabkan kenaikan paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Bapeten pun mengambil tanah untuk dianalisis. Beberapa warga pun dicek tingkat kontaminasi menggunakan whole body counting (WBC).

Berikut adalah keterangan lengkap Bapeten soal hal ini, dikutip detikcom dari situs Bapeten, Sabtu (15/2/2020):

Selanjutnya
Halaman
1 2 3