Tunggu Kajian Amdal-Audit Konstruksi, Mattoanging Mulai Direnovasi Juni

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 15:03 WIB
Stadion Mattoanging Sulsel
Foto: Stadion Mattoanging (Noval Dhwinuari Antony-detikcom)
Makassar -

Pembangunan renovasi Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging, Makassar diperkirakan baru dapat dimulai pada bulan Juni mendatang. Pemprov Sulsel kini tengah mematangkan kajian amdal hingga audit konstruksi Stadion Mattoanging.

Sekretaris Tim Rehabilitasi Stadion Mattoanging, Muhlis Mallajareng, menyebut Pemprov Sulsel saat ini masih mematangkan kerangka acuan kerja (KAK) manajemen konstruksi dari rencana pembangunan Mattoanging untuk diserahkan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Selain itu Pemprov juga menyiapkan dokumen evaluasi lingkungan hidup (DELH), analisis dampak lingkungan (amdal), hingga analisis dampak lalu lintas (amdalalin).

"Kemarin kita hitung-hitung waktunya, itu awal Juni baru bisa (dimulai) karena ada proses lelang, banyak lelangnya, banyak pengerjaannya, jadi mulai pengerjaan fisik awal Juni," kata Muhlis di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (14/2/2020).

Muhlis yang juga Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel mengatakan, diperlukan desain rancang bangun yang jelas untuk renovasi Mattoanging. Untuk itu Pemprov Sulsel juga akan menggandeng tim dari Universitas Hasanuddin untuk melakukan audit konstruksi. Hal ini untuk mengetahui mana sisi bangunan stadion yang bisa dipertahankan untuk dilakukan renovasi.

"Ini kan rehab, rehab itu ada hasil audit forensik, dari hasil audit forensik terlihat, bahwa ini bagian bangunan yang bisa dipertahankan, ini yang mau dirobohkan, ini yang akan direnovasi sedikit. Setelah itu masuk tim perencana, dan mulailah dia bangun," paparnya.

Muhlis juga menyebut renovasi Mattoanging yang akan dikerjakan oleh pemegang proyek harus mengacu pada desain Mattoanging yang telah dibuat oleh arsitek Gregorius Antar Awal, (Yori Antar). Dana Rp 200 miliar akan digunakan untuk memulai renovasi Mattoanging.

"Itu (desain yang dibuat Yori Antar) yang menjadi basic (dasar) bagi yang mengerjakan konstruksi ini. Intinya seperti itu, nah bagaimana mengkondisikannya di lapangan (ini tugas pengerja konstruksi)," paparnya.

(nvl/gbr)