Kalahkan Jago Amien Rais, Zulkifli Hasan Matahari Tunggal di PAN?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 14:11 WIB
Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih kembali menjadi Ketua Umum PAN. Zulhas mengungguli kandidat lain yaitu Mulfachri dan Dradjad.
Foto: Zulkifli Hasan (tengah) usai terpilih menjadi Ketum PAN (Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Zulkifli Hasan (Zulhas) menorehkan sejarah baru usai menjadi Ketum PAN dua periode. Zulhas yang kini jadi nakhoda akan menentukan arah politik PAN ke depan.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan Zulhas sudah mengukir sejarah karena telah berhasil menjadi orang pertama yang menjadi Ketum PAN dua periode. Dia mengatakan, pencapaian Zulhas itu merupakan modal yang cukup untuk menakhodai PAN secara penuh.

"Zulhas sudah membuktikan kepada Indonesia. Zulhas sudah menorehkan sejarah, dia menjadi Ketum pertama PAN yang sukses dua periode. Seharusnya, dengan dua periode ini semakin kuatlah dia menakhodai PAN," kata Hendri Satrio saat dihubungi, Jumat (14/2/2020).

Meski semakin kuat, Zulhas, kata Hendri, tetap perlu menghormati Amien Rais sebagai tokoh PAN. Soalnya, menurut dia, Amien Rais merupakan bagian dari sejarah yang tak boleh dihilangkan begitu saja.

"Tapi yang penting, apa pun itu, Pak Amien Rais harus dihormati. Karena Amien Rais ini aset bangsa. Bagaimana pun juga Amien Rais ini bagian dari sejarah, terutama sejarah reformasi Indonesia. Jadi harus dihormati oleh PAN. Bahkan, salah satu kader terbaik PAN saat ini tetaplah Amien Rais," ungkapnya.

Hendri menjelaskan apa yang dimaksud dengan 'dihormati' bukan berarti Amien Rais sebagai penentu arah kebijakan PAN. "Dihormati harus. Tapi kalau kebijakan kan sangat mungkin tergantung pengurus," imbuh Hendri.

Selanjutnya
Halaman
1 2