Gejolak DPRD Deli Serdang Belum Reda, 2 Fraksi Masih Ogah Masuk AKD

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 12:39 WIB
Ilustrasi kursi kosong
Foto: Ilustrasi kursi kosong (iStock)
Medan -

Gejolak di DPRD Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, belum juga mereda. Ada dua fraksi yang masih ogah mengirimkan nama-nama anggotanya masuk ke dalam alat kelengkapan dewan (AKD).

Kedua fraksi itu adalah Gerindra dan Demokrat. Sebelumnya, Fraksi PKS sempat tak menyetor nama-nama anggotanya ke AKD, namun belakangan PKS sudah mengirimkan anggotanya masuk ke AKD.

"PKS sudah mengirimkan nama-namanya di AKD," kata Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Nusantara Tarigan, Jumat (14/2/2020).

Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Shahri, mengatakan Gerindra dan Demokrat belum menyerahkan nama-nama untuk AKD karena menilai rapat paripurna pembentukan AKD tidak sah. Dia menyebut saat itu pembentukan AKD tidak diikuti tiga fraksi, PKS, Gerindra dan Demokrat yang walk out.

"Tiga fraksi disuruh mereka masuk tapi hanya sebagai anggota. Tentu yang tiga fraksi tidak mau karena belum sesuai dengan aturan, harus ulang. Kemarin PKS sudah masuk, buat paripurna judul paripurnanya penyempurnaan paripurna. Nah, kita anggap nggak pernah sejarahnya paripurna disempurnakan. Kalau belum sesuai aturan ya nggak diketok, ditunda, ini disempurnakan. Artinya mereka sendiri akui yang kemarin langgar aturan," ucap Zakky.

Politikus Gerindra ini mengatakan ada kesepakatan untuk menunggu arahan dari Dirjen Otda Kemendagri untuk menuntaskan polemik di DPRD Deli Serdang. Hal itu, katanya, disepakati usai ada pertemuan yang difasilitasi oleh Pemprov Sumut.

"Ini kita menunggu surat dari Dirjen Otda karena kemarin ketika difasilitasi oleh Biro Otda untuk dimasukkan semua dan ketua dipilih kembali baru dibuat paripurna ulang, Nusantara bertanya dengan paripurna yang dia pimpin. Jadi Kabiro menyurati Dirjen untuk menjawab pertanyaan Nusantara tentang paripurna yang dia pimpin. Karena dia selama ini bilang PTUN-lah kalau nggak sah. Kita bilang nggak ada PTUN. Yang ada sudah sesuai aturan belum, jadi tunggu surat ini," ucapnya.

"Pada dasarnya dua fraksi mau masuk kalau sesuai peraturan," sambung Zakky.

Video DPRD DKI Jakarta Belajar Penanganan Banjir Hingga ke Semarang :

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2