Terima BPK, Prabowo Serahkan Laporan-Bahas Ketepatan Penggunaan Anggaran

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 02:29 WIB
Menhan Prabowo Terima BPK
Menhan Prabowo Terima BPK (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima peserta entry meeting pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di kantornya. Pertemuan tersebut membahas ketepatan penggunaan anggaran pertahanan yang mencapai Rp 131 triliun.

Pertemuan itu berlangsung di kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (13/2/2020). Dalam kesempatan itu, Prabowo Subianto juga menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan kepada Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Bidang Polhukam Hendra Susanto.

"Selain sebagai kegiatan rutin, pemeriksaan BPK ini juga menunjukkan bahwa Kementerian Pertahanan adalah institusi negara yang menjalankan tata laksana pemerintahan yang baik. Dengan pemeriksaan oleh BPK, maka Kementerian Pertahanan menunjukkan proses penggunaan anggaran dengan benar," ujar Karo Humas Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Totok Sugiharto berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikcom.



Totok mengatakan pemeriksaan BKP dapat menjadi satu mekanisme untuk menjamin transparansi anggaran yang diberikan kepada Kemhan. Dia mengatakan kerja sama dengan BPK penting dilakukan karena Kemhan memiliki anggaran yang besar.

"Pemeriksaan BPK ini diharapkan dapat menjadi suatu mekanisme yang menjamin anggaran yang dipercayakan kepada Kementerian Pertahanan dikelola dengan baik benar," jelas Totok.

"Hal ini menjadi sangat penting terutama mengingat pada 2020 ini Kementerian Pertahanan dan TNI memperoleh pagu anggaran sebesar yaitu sebesar Rp 131 triliun," sambungnya.

Tonton juga video Selidiki Dugaan Korupsi Asabri, Polisi Tunggu Audit BPK:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/jbr)