Cerita Mumtaz Rais Bagi Tugas dengan Hanafi di Kongres PAN

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 20:11 WIB
Ahmad Mumtaz Rais, Kamis (2/1/2019)
Mumtaz Rais (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta -

Putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, mengungkapkan dirinya berbagi tugas dengan sang kakak, Hanafi Rais, untuk memenangkan calon ketua umum (caketum) jagoan masing-masing. Mumtaz mendukung sang mertua, Zulkilfi Hasan, sedangkan Hanafi mendukung jagoan sang ayah, Mulfachri Harahap.

"Karena memang saya dengan Mas Hanafi sepakat dari awal memang kita bagi tugas, Mas Hanafi di sana (kubu Mulfachri), saya di sini kubu (Zulhas)," kata Mumtaz kepada wartawan, Kamis (13/2/2020).

"Artinya apa? Artinya itu melebarkan sayap, jadi do not put your egg one bucket, jadi jangan pernah taruh telur kamu dalam satu keranjang, kalau pecah, pecah semua, jadi Mas Hanafi di sana, saya di sini," sambungnya.

Pembagian tugas itu sudah lama disepakatinya dengan Hanafi. Hal itu sudah diterapkannya sejak kongres PAN pada 2010.

"Itu sudah disepakati saya dengan Mas Hanafi sejak dulu. Ketika kongres 2010 di Batam itu kan juga Mas Hanafi di Dradjad Wibowo, saya di Pak Hatta Rajasa, kan begitu," ungkap Mumtaz.

Mumtaz mengatakan dia lebih condong merapat ke calon yang berasal dari Pulau Sumatera. Sedangkan Hanafi lebih merapat ke calon yang berasal dari Pulau Jawa.

"Jadi mungkin kalau saya chemistry lebih ke Sumatera ya, kalau Mas Hanafi di Jawa, gitu. Tapi tidak juga, Mas Mulfachri juga orang Sumatera kan, jadi nggak ada masalah Sumatera-Jawa, semua Indonesia," sebutnya.

Mumtaz mengatakan banyak orang yang tak tahu bahwa dirinya dengan Hanafi memiliki rencana besar untuk PAN. Hal itulah yang membuat keluarganya berbeda dengan keluarga yang lain.

"Jadi memang seperti itu, ketika orang banyak yang nggak tahu kita memang sudah merancangkan grand design ini sejak dari awal. Itulah hebatnya keluarga kami, itulah strategi jitu, strategi cantik dari kami," imbuhnya.

Tonton juga Zulhas Tunjuk Hatta Rajasa Jadi Ketua Majelis Pertimbangan PAN :

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/gbr)