Bacaan Doa Berlindung Dari Berbuat Buruk

Tri Suharyati - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 05:30 WIB
ilustrasi berdoa
Foto: ilustrasi: Fauzan Kamil/detikcom
Jakarta -

Setiap manusia akan mendapatkan balasan untuk setiap perilaku yang telah dilakukan di dunia. Agar selalu terhindar dari perbuatan buruk, manusia harus memohon kepada Allah agar dilindungi dari perbuatan buruk. Ada doa berlindung dari perbuatan buruk yang bisa diamalkan.

Dikutip dari buku 'Kumpulan Doa dari Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas. Berikut bacaan doa berlindung dari perbuatan buruk.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِىْ، وَمِنْ شَرِّ بَصَرِىْ، وَمِنْ شَرِّلِسَانِيْ، وَمِنْ شَرِّقَلْبِيْ، وَمِنْ شَرِّ قَلْبِيْ، وَمِنْ شَرِّمَنِيِّيْ

Arab-Latin : Alloohumma innii a'uudzubika min syarri sam'ii, wa min syarri bashorii, wa min syarri lisaanii, wa min syarri qolbii, wa min syarri maniyyii.

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari keburukan pendengaranku, kejahatan penglihatanku, keburukan lidahku, keburukan hatiku dan keburukan air maniku." (HR.Abu Dawud no.1551, at-Tirmidzi no.3492).

Bisa juga bacaan doa berlindung dari berbuat buruk berikut ini:

اَللَّهُمَّ جَنِبْنِيْ مُنْكَرَاتِ اْلأَخْلاَقِ، وَاْلأَهْوَاءِ، وَاْلأَعْمَالِ، وَاْلأَدْوَاءِ

Arab-Latin : Alloohumma janibnii munkarootil akhlaaqi, wal ahwaa i, wal a'maali, wal adwaa i

Artinya : "Ya Allah, jauhkanlah aku dari berbagai kemungkaran akhlak, hawa nafsu, amal perbuatan dan segala macam penyakit. ( HR. Al-Hakim dan dia mengatakan hadits tsb sahih dng syarat Muslim ).

Ada juga bacaan doa berlindung dari berbuat buruk seperti ini :

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا عَمِلْتُ، وَمِنْ شَرِّمَالَـمْ أَعْمَلْ

Arab-Latin : Alloohumma innii a'uudzubika min syarri maa 'amiltu, wa min syarri maa lam a'mal

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku kerjakan dan dari keburukan apa yang belum aku kerjakan." (HR.Muslim [4/2085] no. 2716).

(erd/erd)