PT KAI Jelaskan Revitalisasi Wesel yang Bikin Sejumlah KRL Direkayasa

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 15:08 WIB
KRL
Foto: Ilustrasi KRL (detikcom)
Jakarta -

PT KAI Daop 1 Jakarta tengah melakukan revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota. Ini menyebabkan sejumlah perjalanan KRL harus direkayasa. PT KAI menjelaskan latar belakang pergantian wesel tersebut.

Revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan di Jakarta Kota secara paralel berlangsung selama 11 hari, 13-23 Februari 2020. Wesel pada jalur rel kereta api merupakan salah satu elemen prasarana penting bagi perjalanan kereta api yang berfungsi untuk memindahkan jalur kereta api.

"Nantinya, terdapat dua wesel yang akan diganti di Stasiun Gambir, tepatnya Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda), dan 4 wesel di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1 dan Wesel 43B1/B2 yang akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris," kata PT KAI dalam keterangannya, Kamis (13/2/2020).

Adapun penggantian wesel baik di Stasiun Gambir maupun di Jakarta Kota dilatarbelakangi sejumlah hal. Sejak dioperasikan pertama kali, unit wesel di emplasemen Gambir (± 28 tahun) dan Jakarta Kota (± 50 tahun) belum pernah diganti.

Meskipun proses perawatan terus dilakukan, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada komponen wesel, maka proses perbaikan akan sulit dilakukan lantaran suku cadang pada wesel Inggris yang saat ini terpasang sudah tidak diproduksi pabrikan lagi.

Penggantian wesel di Stasiun Gambir juga bertujuan meningkatkan fleksibilitas pergantian jalur pada saat KA melintas di stasiun tersebut. Untuk saat ini kondisi eksisting pada jalur 3 dan 4 tidak dapat melintas ke jalur hilir atau arah Jakarta Kota. Nantinya, dengan wesel baru, keempat jalur di Stasiun Gambir dapat dilalui KA untuk mengarah ke Jakarta Kota dan kondisi ini dapat menjadi solusi untuk mengurai antrean KA lintas Manggarai-Jakarta Kota.

"Secara keseluruhan penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota utamanya dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan perjalanan KA. Wesel yang selama ini dipakai sudah saatnya diganti, untuk Wesel di Stasiun Gambir sudah beroperasi sejak tahun 1992, sedangkan wesel di Stasiun Jakarta Kota terakhir diganti pada tahun 1970, bahkan materialnya sudah tidak diproduksi lagi," jelas Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 1 Jakarta.

Selanjutnya
Halaman
1 2