Penolakan Renovasi Gereja di Kepri, Mahfud: Semua Sepakat Tunggu Putusan PTUN

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 13:26 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md.
Foto: Menko Polhukam Mahfud Md. (Isal-detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfuf Md mengatakan penolakan renovasi Gereja Katolik Paroki Santo Joseph di Kepulauan Riau (Kepri) turut dibahas dalam pertemuan dengan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Menurut Mahfud, pemerintah daerah, pihak gereja, dan tokoh masyarakat setempat telah bermusyawarah.

"Itu sebenarnya udah nggak ada apa-apa, sudah selesai di sana, jadi itu sudah terjadi kesepakatan antara semua pihak. Pihak gereja, pihak bupati, pihak forum umat Islam, sudah datang ke kantor Menteri Agama tanggal 12," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Hasil kesepakatan yakni, lanjut-tidaknya renovasi gereja menunggu putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjung Pinang. "Mereka sudah bersepakat menjaga kondusifitas daerah, sambil menunggu putusan peradilan tata usaha negara," ujarnya.

Mahfud melanjutkan, pejabat daerah dan masyarakat setempat telah sepakat berdamai dan menjaga suasana kondusif.

"Bahkan kami sedang rapat, dikirimi (informasi) dari daerah sedang ada deklarasi damai di sana, antara kelompok-kelompol gereja dengan kelompok-kelompok bersama pemda setempat," lanjut Mahfud.

Video Ormas Katolik Minta Menag Tangani Penolakan Renovasi Gereja di Kepri"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2