Cerita Lengkap China Bisa Bangun Rumah Sakit Hanya Dalam 10 Hari

Zulfi Suhendra - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 11:46 WIB
Sejumlah pasien virus corona di Wuhan mulai dipindahkan ke RS Huoshenshan. Rumah sakit darurat tersebut dibangun hanya dalam waktu 10 hari.
Foto: Getty Images
Jakarta -

China berhasil membangun rumah sakit untuk pasien Corona hanya dalam waktu 10 hari. Pertanyaan mengemuka bagaimana China bisa membangun proyek tersebut secepat kilat?

Dilansir China Daily, Kamis (13/2/2020), rumah sakit bernama Huoshenshan ini mulai dibangun 23 Januari lalu, kemudian mulai menerima pasien yang terjangkit virus Corona pada 3 Februari di Wuhan, Provinsi Hubei. Rumah sakit itu berkapasitas 1.000 ranjang.

Begini cerita China bisa membangun proyek cepat itu:

Awalnya keputusan tersebut diambil dengan menjiplak rumah sakit SARS yang dibangun di Beijing pada 2003. Dalam waktu 78 menit, desain dari rumah sakit 17 tahun lalu tersebut ditemukan. Desain itu kemudian diserahkan ke Wuhan.

Di Wuhan desain tersebut diperbaharui dan difinalisasi dengan menggambar konstruksi bangunan dalam waktu 60 jam. Lebih dari 260 pekerja harus mengerjakan itu sepanjang waktu. Akses internet jaringan 5G pun tersedia selama 36 jam.

Video Peneliti Indonesia Bersiap Kembangkan Vaksin Virus Corona COVID-19 :

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2