BPJS Kesehatan Tambah Kanal Layanan di Kabupaten Probolinggo

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 11:39 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok BPJS Kesehatan
Jakarta -

Tak hanya fokus meningkatkan layanan di fasilitas kesehatan namun BPJS Kesehatan juga memperbanyak kanal layanan. Kepala Kantor Kabupaten Probolinggo, Muhammad Khoirul Saleh menjelaskan bahwa tujuan pembukaan kanal-kanal layanan adalah untuk meningkatkan kepuasan peserta.

Mal Pelayanan Publik (MPP) adalah 1 dari sekian banyak kanal yang juga menyediakan layanan administrasi kepesertaan Program JKN-KIS. Melalui kolaborasi dengan Pemerintah setempat, BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan turut andil dalam menyediakan layanan di kanal MPP yang ada. Kota dan Kabupaten Probolinggo adalah 2 wilayah kerja yang masing-masing sudah tersedia loket BPJS Kesehatan.

"Di Kabupaten Probolinggo sendiri MPP-nya sudah ada di Kecamatan Dringu. Lokasinya juga menjangkau masyarakat yang ada di bagian barat dan utara kabupaten, sedangkan akses untuk wilayah timur dan selatan kita arahkan ke Kantor Kabupaten Probolinggo. Kami berharap dengan tersedianya tambahan fasilitas tersebut akan memberikan hak sama untuk masyarakat Probolinggo dalam hal pengurusan kepesertaan," terang Khoirul, Kamis (13/2/2020).

Pelayanan di kanal MPP memang disesuaikan dengan Kantor BPJS Kesehatan. Masyarakat bisa melakukan proses administrasi kepesertaan berupa pendaftaran peserta, perubahan data, pencetak kartu, hingga pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Dalam sehari, MPP Kabupaten Probolinggo menyediakan 60 kuota antrian untuk setiap loket layanan. Menurut Khoirul, loket BPJS Kesehatan menjadi yang tersibuk untuk urusan jumlah antrian.

"Paling ramai, paling banyak antriannya dari loket BPJS Kesehatan. Dari kuota yang tersedia, rata-rata jumlah tersebut sering kurang dari antusias masyarakat yang datang. Kami senang masyarakat paham adanya MPP di kabupaten ini. Yang dulunya perjalanan jauh dari barat ke timur hanya untuk cetak kartu, sekarang cukup ke MPP saja. Pelayanannya sama persis dengan di Kantor BPJS Kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu, Hamid (47), salah seorang peserta dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang melakukan pencetakan kartu di MPP mengaku senang dengan adanya kanal seperti ini. Warga Kecamatan Wonomerto ini tak lagi kejauhan saat mengurus kepesertaan. Ia turut berterima kasih dengan pemerintah yang sudah peduli dalam membangun fasilitas publik tambahan.

"Iya, senang ada BPJS (Kesehatan) di sini. Dulu sering kesusahan kalau mau mengurus kartu seperti ini. Tadinya pelayanan cuma ada di Kraksaan (Kantor Kabupaten Probolinggo) sana, terus kalau dari rumah saya jauh sekali. Saya berterima kasih kepada BPJS dan pemerintah yang sudah memberikan tambahan tempat seperti ini,"bebernya.

(ega/ega)