Pasien JKN-KIS Cerita Mudahnya Ubah Data Domisili

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 11:27 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok BPJS Kesehatan
Jakarta -

Manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan oleh peserta JKN-KIS. Mulai dari pelayanan kesehatan sampai pengurusan administrasi peserta termasuk perubahan data peserta.

Deti Kurniasih (24) merasa sangat bersyukur karena telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Ia adalah ibu rumah tangga yang sebelumnya tinggal di kota Bandung kemudian mengikuti suaminya ke Manokwari, Papua Barat. Ia menceritakan pengalamannya menggunakan kartu JKN-KIS ketika sakit dan berobat di Bandung.

"Ketika saya masih di Bandung, saya pernah menggunakan kartu JKN-KIS berobat di Puskesmas dan pelayanan yang diberikan memuaskan. Pelayanannya cepat dan tidak ada kendala oleh sebab itu ketika pindah ke Manokwari saya berusaha melaporkan status domisili saya supaya data fasilitas kesehatan saya bisa dialihkan ke Manokwari," ujar Deti, Kamis (13/2/2020).

Deti sangat bersyukur atas layanan dari BPJS Kesehatan karena perubahan data peserta tidak hanya dapat dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan tetapi bisa melalui Mobile Customer Service bahkan bisa melalui aplikasi online.

Perubahan data pun tidak sulit hanya melampirkan beberapa persyaratan termasuk Kartu Keluarga atau keterangan domisili. Selain itu, Deti juga merasa tenang mempersiapkan kelahiran sang buah hati karena data Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamanya telah dialihkan ke Manokwari.

"Sekarang saya sudah tenang mempersiapkan kelahiran buah hati kami karena fasilitas kesehatan saya telah dialihkan dari Puskesmas Pamulang ke Puskesmas Sowi, Manokwari dan berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang selalu mempermudah peserta dalam pelayanan pengurusan administrasi data kepesertaan," ungkap Deti.

Mengakhiri percakapan ini, Deti menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah yang telah peduli kepadanya dan masyarakat kecil lainnya dengan menghadirkan Program JKN-KIS yang dirasa sangat membantu dan bermanfaat. Selain itu ia bersyukur layanan Program JKN-KIS ini dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

Ia mencontohkan dirinya yang awalnya terdaftar di Bandung kemudian pindah ke Manokwari, Papua Barat dan masih dapat menggunakan layanan Program JKN-KIS.

"Saya pribadi sangat berterima kasih kepada Pemerintah atas Program JKN-KIS yang sangat membantu dan meringankan saya. Saya juga merasakan manfaat dari program ini karena dapat digunakan kapanpun dan dimanapun di seluruh wilayah Indonesia. Saya harap program ini akan terus berlanjut," tutup Deti.

(ega/ega)