Eks Rektor Unhas Sekaligus Wantimpres Era SBY-JK Radi A Gany Meninggal Dunia

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 10:50 WIB
Mantan Rektor Universitas Hasanuddin Profesor Radi A Gany
Mantan Rektor Universitas Hasanuddin, Profesor Radi A Gany (Dok. Unhas)
Makassar -

Mantan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Profesor Radi A Gany, meninggal dunia. Prof Radi sempat menjalani perawatan di ICU RS Unhas, Makassar, Sulawesi Selatan.

Salah satu dosen Unhas dan kolega almarhum, Abdul Majid Sallatu, mengatakan Prof Radi meninggal pada pukul 02.13 Wita, Kamis (13/2/2020). Selain pernah menjabat Rektor Unhas dua periode (1997-2006), Prof Radi juga pernah menjabat Bupati Wajo (1985-1993), dan Watimpres bidang Pertanian era SBY-JK.

Sementara menurut Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga besar Unhas di Pattene, Kabupaten Maros, sekitar pukul 13.00 Wita. Sebelum itu, jenazah akan diantar ke gedung Rektorat Unhas di Tamalanrea, Makassar, untuk penghormatan khusus dari segenap sivitas akademika Unhas.

Di mata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, almarhum merupakan sosok Guru Besar Ilmu Pertanian yang paripurna. Pada saat menjabat Bupati Wajo, almarhum berhasil memajukan pertanian dengan sistem pemompaan sawah di daerahnya. Nurdin juga menyatakan rasa duka mendalam atas kepergian tokoh swasembada pangan Sulsel tersebut.

"Beliau adalah sosok paripurna, ditunjuk Prof Amiruddin (mantan Rektor Unhas dan Gubernur Sulsel) jadi bupati dan memajukan pertanian di daerah yang dipimpinnya, setelah itu menjadi Rektor Unhas selama dua periode dan berhasil memimpin Unhas menjadi kampus ternama," pungkas Nurdin.

(mna/idh)