Zulkifli Nilai PAN Rugi Jika Oposisi, PKS: Justru Kalau Pro Pemerintah Sesak

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 09:18 WIB
Mardani Ali Sera
Foto Mardani Ali Sera: Ari Saputra
Jakarta -

Ketua Umum PAN 2020-2025 Zulkifli Hasan mengisyaratkan akan bergabung ke pemerintah, dia menilai PAN bakal merugi jika masuk ke dalam kubu oposisi. PKS menilai pandangan Zulkifli salah.

"Tiap partai punya kebijakan masing-masing. Dan PKS mengambil posisi di luar pemerintahan sebagai bagian dari cinta dan melayani negeri agar ada mekanisme check and ballances. Demokrasi Indonesia justru perlu #KamiOposisi agar pemerintah bekerja dengan benar, dan bekerja cedas. PKS yakin insya Allah pilihan #KamiOposisi sehat dan baik bagi demokrasi Indonesia," ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Rabu (12/2/2020) malam.


Terkait kata 'rugi' yang dipakai Zulkifli, Mardani menilai pernyataan itu keliru. Menurutnya, oposisi lah yang memiliki keuntungan dibanding pro pemerintah, hal itu bisa dilihat, lanjut Mardani dengan kebebasan ruang gerak.

"Kami justru (menilai) yang pro pemerintah sudah penuh sesak. Partai justru perlu ruang gerak yang luas. Ruang #KamiOposisi justru luas," jelasnya.


Sebelumnya, Zulkifli dalam pidato penutupan Kongres PAN menyinggung mengenai oposisi. Dia menilai PAN akan dirugikan apabila ikut menjadi oposisi seperti PKS.

"Kalau oposisi itu sudah diambil tagline-nya oleh PKS. Kalau kita ikut masuk ke situ, isu oposisi yang sudah diambil oleh itu teman kita partai itu akan sangat merugikan kita," kata Zulhas dalam sambutannya menutup Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/2).

"Oleh karena itu, kita mesti menentukan positioning kita kemudian. Dengan siapa kita mesti berteman. Paling tidak kita tidak bermusuhan dengan banyak orang," sambung dia.

Simak Video "Pengakuan Zulhas Jadi Menteri Kehutanan Tanpa Pendidikan Sejurusan"

[Gambas:Video 20detik]

(zap/fas)