Round-Up

Wilayah Indonesia Masih Kebal Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 06:14 WIB
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19.
Foto: AP Photo'COVID-19' Resmi jadi Nama Panggilan Virus Corona (AP Photo)
Jakarta -

Wabah virus corona terus menyebar ke segala penjuru dunia. Namun hingga saat ini, Indonesia masih kebal dari serangan virus ini.

Sebagaimana diketahui, virus ini diketahui berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, China. Virus yang memicu penyakit tersebut sempat dinamai dengan 2019-nCoV atau Novel Coronavirus. Virus ini telah menyebar dari China, Jerman, hingga Singapura.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama resmi untuk penyakit tersebut yaitu COVID-19 Selain penyakitnya, virus yang menyebabkan wabah tersebut juga telah mendapatkan secara resmi. Komite Taksonomi Virus Internasional menetapkan nama baru virus corona baru di Wuhan yakni SARS-CoV-2.

Hingga kini, virus mematikan ini belum sampai mewabah di Indonesia. Ketika negara tetangga seperti Malaysia hingga Thailand sudah mengumumkan kasus positif COVID-19, Indonesia masih nihil.

Namun, riset yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Harvard menyebut Indonesia mestinya sudah ada kasus Corona. Banyaknya kasus di luar China yang terkait riwayat bepergian ke China menunjukkan adanya kaitan erat dengan volume penerbangan dari dan ke Wuhan. Para peneliti lalu membuat model regresi linear untuk mengidentifikasi tempat-tempat dengan potensi kasus 'uderdetected' di berbagai negara.

Disnaker Bareng Dinkes Batam Observasi TKA China:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3