Fii Amanillah Begini Arti, dan Cara Menjawab Ucapannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 05:22 WIB
muslim mother help her young daughter to put the scarf on before pray
Fii Amanillah Begini Arti, dan Cara Menjawab Ucapannya (Foto: iStock)
Jakarta -

Dalam Islam, sebuah kalimat sederhana bisa menjadi doa yang baik bagi yang mengucapkan atau mendengar. Misal kalimat fi amanillah yang biasa diucapkan saat akan pergi

في امان الله

Arab latin: Fi Amanillah

Artinya: "Semoga engkau dalam perlindungan Allah SWT."

Dikutip dari situs My Islam, fi amanillah juga berharap keamanan selalu diberikan dari Allah SWT. Kalimat fi amanillah memiliki beberapa versi penulisan,

1. Fi Amanillah

2. Fi Aman illah

3. Fii Amanillah

4. Fi Aman Allah

5. Fee Amanillah

Dengan beberapa versi penulisan tersebut, apa arti fi amanillah?

Terlepas dari berbagai versi penulisannya, arti fi amanillah dalam Islam sama-sama berharap perlindungan dari Allah SWT. Kalimat fi amanillah biasa diucapkan saat ada keluarga, saudara, atau teman yang hendak bepergian.

Doa fi amanillah yang diucapkan dengan ikhlas, bisa berbuah perlindungan bagi yang mendengar. Sementara bagi yang mengucapkan bisa berbuah kebaikan lain.

Kalimat fi amanillah yang berharap perlindungan dari Allah SWT, tak hanya diucapkan bagi yang akan menempuh perjalanan. Kondisi apa pun bisa mengucapkan fi amanillah saat muslim menginginkan proteksi Allah SWT.

Berikut beberapa kondisi bagi muslim yang bisa mengucapkan fi amanillah, mulai dari yang minim hingga berisiko tinggi:

1. Bertemu dan menghadapi orang yang terkena musibah

2. Kepada seseorang yang akan dan sedang menjalankan amanah, menduduki jabatan tertentu, atau bertanggung jawab pada suatu hal

3. Kepada yang akan menjalankan pekerjaan atau tugas dengan risiko

4 Di akhir percakapan semoga semua yang terlibat selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Saat menerima ucapan fi amanillah, seorang muslim sebaiknya merespons doa tersebut. Hal ini layaknya ucapan salam yang dibalas doa serupa bagi yang mengucapkan.

Bagaimana sebaiknya menjawab fi amanillah?

Ucapan fi amanillah bisa direspon dengan kalimat ma'assalamah yang kurang lebih punya makna yang sama. Sehingga mereka yang mendengar dan mengucapkan sama-sama dalam perlindungan Allah SWT setiap saat.

مَعَ السَّلاَمَة

Arab latin: ma'assalamah

Arti: "Semoga keselamatan menyertaimu."

Dalam Islam sangat disarankan menjawab ucapan yang baik, apalagi berupa doa, dengan kalimat yang bermakna serupa. Saran ini tercantum dalam Al-Qur'an surat An-Nisa ayat 86.

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

Arab latin: Wa iżā ḥuyyītum bitaḥiyyatin fa ḥayyụ bi`aḥsana min-hā au ruddụhā, innallāha kāna 'alā kulli syai`in ḥasībā

Arti: "Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu."

Tentunya para muslim tak perlu khawatir jika lupa, tidak tahu, atau tak mengerti ucapan fi amanillah dan ma'assalamah. Kalimat bisa diganti doa dalam berbagai bahasa yang sama-sama berharap perlindungan dari Allah SWT. Selama diucapkan dengan ikhlas dan niat baik, maka doa tersebut bisa berdampak positif baik yang mendengar dan mengucapkan.

(row/erd)