Pengungkapan Kasus 'Koboi' Lamborghini oleh Polres Jaksel Berujung Muri

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 03:09 WIB
Pengungkapan Kasus Koboi Lamborghini Mendapat Penghargaan Rekok MURI
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pengungkapan kasus 'koboi' pengemudi supercar Lamborghini dengan tersangka Abdul Malik oleh Polres Jakarta Selatan membuahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri). Penghargaan Muri diberikan kepada Polres Jaksel atas pengungkapan senjata api ilegal terbanyak dalam kasus tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum sekaligus pendiri Muri, Jaya Suprana, di Polres Jakarta Selatan, Jl Wijaya II, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (12/2/2020). Adapun penerima Muri adalah Kapolres Jaksel Kombes Bastoni Purnomo dan AKBP Andi Sinjaya Ghalib, mantan Kasat Reskrim Jaksel yang saat itu menangani kasus 'koboi' Lamborghini.

Jaya Suprana menyebut pengungkapan kasus yang berujung terbongkarnya kepemilikan senjata api ilegal hingga hewan yang diair keras itu telah menginspirasi banyak pihak. Jaya mengapresiasi jajaran Polres Jaksel yang mengungkap kasus itu tanpa pandang status sosial pelaku, yang merupakan pengusaha properti.

"Polres Metro Jakarta Selatan menangani dengan tuntas tanpa pandang bulu dan setelah digeledah rumahnya ternyata banyak senjata api tidak berizin (ilegal)," kata Jaya.

Penghargaan Muri ini adalah yang kedua kali diterima oleh Polres Jakarta Selatan. Sebelumnya pada 2019, Polres Jaksel menerima penghargaan Muri atas penyelesaian kasus pidana terkait perempuan dan anak terbanyak, yakni 960 kasus.

Kasus senjata api ilegal Abdul Malik ini terbongkar setelah polisi menangkapnya usai melakukan penodongan terhadap 2 orang pelajar SMA di Kemang, Jakarta Selatan, pada 21 Desember 2019. Polres Jaksel kemudian menangkap Abdul Malik, yang terdaftar sebagai anggota Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin).

Dalam kasus itu, polisi menyita 7 pucuk senjata api dan sebuah granat nanas aktif. Tujuh pucuk senjata api itu terdiri dari senjata laras panjang jenis AR15, M16 yang sudah dimodifikasi menjadi M4, M4, shotgun, dan pistol jenis Glock.

Pengembangan kasus ini juga ikut menyeret putra artis Ayu Azhari, Axel Djody (29). Axel pun kemudian ditahan di Polres Jaksel atas kasus tersebut.

(mei/mei)