Mesin Waktu

Cara Inggris 'Mengubur' Kapal-kapal Selam Nazi

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 21:45 WIB
Peluncuran U-218 di Kiel, Jerman pada 1941 (U-Boats under the Swastika)
Foto: Peluncuran U-218 di Kiel, Jerman pada 1941 (U-Boats under the Swastika)
Jakarta -

Tepat pada tanggal ini pada 74 tahun lalu, Inggris mengakhiri operasi penenggelaman kapal selam yang disita dari Nazi Jerman setelah berakhirnya Perang Dunia II. Lebih dari 100 kapal selam yang ditakuti Sekutu selama masa perang ditenggelamkan dalam operasi yang diberi nama 'Deadlight' itu.

Operasi ini dimulai dari episode menyerahnya sekitar 156 komandan kapal selam U-boat Jerman dengan membawa kapalnya pada sekutu di akhir perang. Kapal-kapal ini dikumpulkan di sebuah teluk kecil bernama Eriboll di Sutherland, Skotlandia dan Lisahally, Irlandia Utara.

Dikutip dari The Telegraph saat itu, dalam waktu dua minggu mulai dari 10 Mei sampai 25 Mei 1945, kawasan tersebut menjadi tempat pertemuan armada-armada kapal selam dari seluruh penjuru dunia.

Seluruh penduduk di kawasan tersebut disumpah untuk merahasiakan datangnya kapal-kapal selam tersebut. Namun, David Hird, seorang mantan pejabat pemerintah di Sutherland menyatakan sempat mengidentifikasi setiap U-boat yang menyerah.

Salah satunya U-1231 yang dipenuhi dengan minuman anggur. Ada lagi U-532 yang baru saja kembali dari Jepang dengan muatan karet mentah, kina, dan pasokan untuk perang lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2