BIN Soal WNI Eks ISIS Tak Dipulangkan: Risiko Sudah Diperhitungkan

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 19:08 WIB
Budi Gunawan merupakan anggota Polri dengan pangkat terakhir jenderal. Pria kelahiran Surakarta, 11 Desember 1959 itu menjabat Kepala BIN. Sebelum menjadi Kepala BIN, Budi Gunawan menjabat sebagai Wakapolri.
Kepala BIN Budi Gunawan (Lamhot Aritonang/detikcom)

Sebelumnya, pemerintah memutuskan tidak memulangkan WNI eks ISIS ataupun yang terlibat jaringan teroris lainnya di luar negeri. Hal ini didasari keputusan rapat dengan Presiden Jokowi di Istana.

"Pemerintah tidak ada rencana memulangkan teroris. Tidak akan memulangkan FTF (foreign terrorist fighter) ke Indonesia," kata Menko Polhukam Mahfud Md di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020).

Dari hasil rapat, pemerintah tidak akan memulangkan WNI yang terlibat jaringan teroris. Pemerintah tidak ingin mereka menjadi 'virus' bagi warga Indonesia.

"Keputusan rapat tadi pemerintah dan negara harus memberi rasa aman dari teroris dan virus-virus baru, terhadap 267 juta rakyat Indonesia karena kalau FTF pulang itu bisa menjadi virus baru yang membuat rakyat yang 267 juta merasa tidak aman," ujarnya.


(eva/idh)