Pesan Jokowi ke Laksdya Aan Kurnia: Percepat Bakamla Jadi Coast Guard RI

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 17:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Andhika/detikcom)
Foto: Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada Laksamana Madya (Laksdya) Aan Kurnia untuk mengawal fungsi Badan Keamanan Laut (Bakamla) sebagai coast guard Indonesia. Aan merupakan Kepala Bakamla yang baru saja dilantik Jokowi.

"Saya berharap dengan diangkatnya Pak Aan Kurnia, ke depan yang kita inginkan tadi bisa dikawal dan dipercepat sehingga betul-betul kita memiliki sebuah coast guard yang namanya Bakamla, yang diberi kewenangan di perairan kita," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Transformasi Bakamla menjadi coast guard akan direalisasikan tahun ini. Sebab, RUU Keamanan Laut yang mengatur rencana tersebut sudah masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2020.

"Ya memang kita harapkan ke depan Bakamla menjadi embrio coast guardnya Indonesia sehingga nanti lembaga yang lain kembali ke institusinya masing-masing dan di laut yang diberikan kewenangan hanya Bakamla," ujar Jokowi.

"Jadi Bakamla kayak Indonesian Coast Guard. Tapi ini masih proses regulasinya agar ada harmonisasi," kata Jokowi menambahkan.

Sedangkan Aan akan mensinergikan terkait payung hukum keamanan laut. Sebab, ada 17 UU yang tumpang tindih dan akan diamandemen dengan model omnibus law.

"Sesuai dengan UU yang ada, nanti saya akan lebih mensinergikan seluruh stakeholder yang ada di laut. Karena sekarang ada 17 undang-undang yang tumpang tindih. Tadi Pak Jokowi sudah bilang masalah omnibus law untuk masalah keamanan laut. Itu bisa menjawab yang permasalahan yang pertama," ujar Aan.

(dkp/gbr)