Rumah Terbakar, Satu Penghuni yang Dipasung Tewas

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 15:38 WIB
poster
Ilustrasi kebakaran. Foto: Edi Wahyono
Pekanbaru -

Satu unit rumah di Desa Pulau Rambai, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau, terbakar. Satu orang tewas terpanggang karena sedang dipasung keluarganya. Miris!

"Kejadiannya tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat rumah itu terbakar pemiliknya lagi tak di rumah. Hanya satu orang yang ada di dalam karena mengalami gangguan jiwa, makanya dipasung pihak keluarga," kata Humas Polres Kampar, Iptu Denny Yusra kepada detikcom, Rabu (12/2/2020).

Denny menjelaskan, korban yang tewas bernama Jamal yang kondisinya mengalami gangguan jiwa. Saat kebakaran orang tuanya sedang berada di ladang. Sedangkan kakaknya sedang mengajar sebagai guru di pesantren.

"Korban hanya sendirian di rumah kondisinya dipasung. Diduga korban tidak bisa menyelamatkan diri," kata Denny.

Kebakaran rumah ini, sambung Denny, pertama kali diketahui tetangganya. Melihat kobaran api saksi meminta bantuan warga lainnya untuk melakukan pemadaman.

"Masyarakat setempat berusaha melakukan pemadaman, namun kondisi api sudah membakar seluruh ruangan rumah tersebut. Warga juga memberitahukan pihak Bhabinkamtibmas," kata Denny.

Sekitar pukul 10.00 WIB, kata Denny, dua unit Damkar tiba di lokasi melakukan pemadaman. Satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan.

"Satu korban di dalam rumah ditemukan tewas terbakar. Korban dibawa ke rumah sakit umum," kata Denny.

Dari keterangan pihak keluarga, sambung Denny, bawah korban sudah mengalami gangguan jiwa selama 10 tahun. Beberapa hari sebelumnya, korban sempat mengamuk dan memukul pihak keluarganya.

"Karena itu pihak keluarga memasung korban. Sebab, korban waktu mengamuk akan membunuh kakaknya," tutup Denny.

(cha/tor)