Moeldoko Tak Tahu Kapan Tim Veronica Koman Serahkan Dokumen ke Jokowi

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 14:12 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tidak mengetahui persis kapan Tim Veronica Koman memberikan dokumen kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Australia. Sebab, kata Moeldoko, Jokowi bertemu dan menyalami banyak orang saat kunjungan.

"Saya nggak tahu persis ya ketemunya apakah di hotel atau di mana ya. Karena waktu di hotel juga banyak sekali orang Indonesia yang relawan atau yang, pokoknya orang Indonesia berkumpul di sana itu dua hari di hotel itu terus-terusan kaya begitu ya," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Baik saat di hotel maupun di Mount Ainslie, Jokowi bertemu dengan warga dan bersalaman.

"Nah, biasalah presiden kalau ketemu itu kan mesti nyalamin, foto, itu tradisi yang dikembangkan selama ini seperti itu. Jadi tadi saya jelaskan kalaupun ada yang terselip ada yang bawa apa, jadi prosesnya seperti itu," ujar Moeldoko.

Moeldoko yang ikut ke Australia mengaku tidak memperhatikan apakah ada orang yang menyerahkan dokumen kepada Jokowi.

"Ya nggak ngertilah. Saking banyaknya orang," katanya.

Lewat pernyataannya, Koman--warga Indonesia yang berada di Australia--menyebut timnya menyerahkan langsung dokumen itu saat Jokowi berada di Canberra. Koman menyebut dokumen memuat nama dan lokasi tahanan politik Papua.

"Tim kami di Canberra telah berhasil menyerahkan dokumen-dokumen ini langsung kepada Presiden Jokowi. Dokumen ini memuat nama dan lokasi 57 tahanan politik Papua yang dikenakan pasal makar, yang saat ini sedang ditahan di tujuh kota di Indonesia," ujar Koman.

(dkp/gbr)