Tanggung Biaya Persalinan dengan BPJS Kesehatan Gratis?

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 12:45 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Putu Sri Deviyani (22) tampak bahagia setelah kelahiran anak pertamanya. Ia merupakan salah satu peserta dari Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari Sembung, Bebalang, Bangli, Bali. Deviyani mengatakan, biaya persalinan anak pertamanya itu ditanggung BPJS Kesehatan.

"Putri kami lahir dengan selamat dan sehat pada hari Sabtu (08/20) di RSU BMC Bangli, persalinannya pun lancar dan dijamin sepenuhnya oleh JKN-KIS tanpa ada biaya tambahan sepeser pun," ungkap Deviyani dalam keterangan tertulis BPJS Kesehatan, Rabu (12/2/2020).

Deviyani mengatakan, ia dan suaminya menjadi peserta JKN-KIS setelah didaftarkan oleh pemberi kerjanya melalui segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia pun mendapatkan fasilitas kelas 2 selama menjadi peserta JKN-KIS tersebut.

"Saya sudah 4 tahun menjadi peserta JKN-KIS, sedangkan suami saya sekitar 3 tahunan, baru kali ini saya menggunakannya untuk berobat, syukurnya kami dijelaskan oleh pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan terkait mekanismenya sehingga kami tidak mengalami kendala saat mengakses pelayanan persalinan putri kami," lanjut Deviyani.

Menurut Deviyani, semua pelayanan yang ia dapatkan berjalan dengan lancar tanpa ada permasalahan. Mulai dari awal ia memeriksakan kandungan di sana, hingga saat hari persalinannya tiba.

"Pelayanan yang saya dapatkan tidak ada bedanya dengan pasien lainnya, semua berjalan lancar karena saya mengikuti prosedurnya, termasuk prosedur untuk mendaftarkan anak saya pun lancar dan mudah," pungkas Deviyani.

Saat ini Deviyani sedang menjalani masa pemulihan pascamelahirkan dan harus menjalani kontrol rutin hingga kondisinya dinyatakan kembali normal. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada faskes yang telah memberikan pelayanan terbaik, serta pemerintah yang telah menghadirkan program JKN-KIS.

Simak Juga Video "Rizal Ramli Sebut BPJS Dibentuk Dengan Keterpaksaan"

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)