Sisihkan Puluhan Kampus, UMY Juarai Peradilan Semu Nasional Peradi

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 08:52 WIB
Lomba Peradi
Foto: Lomba Peradi (ist.)
Jakarta -

Delegasi dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH UMY) berhasil keluar sebagai jawara dalam ajang National Moot Court Competition (NMCC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) 2020. Alhasil, FH UMY membawa pulang Piala Cicero atau Marcus Tulius Cicero.

Ketua Umum Peradi, Fauzie Yusuf Hasibuan, mengatakan, ajang ini merupakan sebuah kritikan dalam sistem pendidikan S1. Pasalnya, evaluasi nasional menunjukkan bahwa lulusan S1 dan S2 itu belum menunjukkan bisa memberikan pengabdian dan memiliki profesional yang minimal sebagai penegak hukum.

"Jadi akhirnya peradilan semu ini sebuah upaya untuk mendorong dalam bentuk edukasi anak-anak muda S1 memiliki kemampuan profesional yang mendekati agar dia bisa masuk ke peradilan nyata dunia hukum kita," kata Fauzie dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (12/2/2020).

Fauzie menyampaikan, Peradi di bawah kepemimpinannya sudah merekrut hampir sekitar 27 ribu advokat baru melalui PKPA sebagai respons terhadap UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

"Kalau anggota advokat Peradi sekarang kurang lebih ada 55 ribu orang dari Sabang sampai ke Merauke," kata Fauzie.

Cicero adalah tokoh di bidang hukum dan merupakan sosok yang mempunyai integritas dalam menegakkan keadilan dan kebenaran. "Dia rela mati untuk menegakkan sebuah prinsip kebenaran. Itulah abdi yang ditunjukkan kepada dunia," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2