Golkar Bakal Usung Gibran di Pilwalkot Solo

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 17:10 WIB
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tiba di DPP PDIP Jakarta. Kedatangannya itu untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan Pilkada Solo.
Gibran Rakabuming Raka (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Dukungan kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, di Pilwalkot Solo terus mengalir, salah satunya dari Partai Golkar. Golkar dengan tegas menyatakan bakal mengusung Gibran.

"Golkar dari awal termasuk yang mengeluarkan pernyataan mengusung Gibran. Jadi jauh sebelum Gibran mendaftarkan diri ke PDIP, Golkar sudah menyatakan akan mengusung Gibran di Solo," kata Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Doli mengatakan dukungan itu diberikan partainya jauh sebelum Gibran mendaftar sebagai cawalkot Solo melalui PDIP. Pihaknya pun tak terpengaruh mekanisme pencalonan yang saat ini berjalan di PDIP. Apa pun keputusan PDIP, kata Doli, partainya akan tetap mengusung Gibran.

"Jadi saya kira mekanisme di PDIP berjalan sesuai dengan aturan internal mereka, kami juga punya mekanisme sendiri. Tapi sampai sekarang sikap kami konsisten memang mengusung Gibran," ujarnya.

"Tetap mengusung Gibran," tegas Doli.

Sebelumnya, selain Golkar, dukungan terhadap Gibran datang dari Gerindra. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bahkan telah memberi arahan ke partainya terkait Pilwalkot Solo. Prabowo memerintahkan Gerindra mendukung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka.

Tak hanya Gerindra, dukungan untuk Gibran juga diberikan Partai Demokrat. Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut sudah merestui partainya mendukung Gibran.

Gibran sendiri maju sebagai cawalkot melalui PDIP. Gibran kemarin telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPP PDIP untuk mendapatkan rekomendasi sebagai cawalkot Solo. Namun, PDIP belum memutuskan apakah akan mengusung Gibran kelak di Pilwalkot Solo.

Tonton juga Momen Gibran Cium Tangan Achmad Purnomo di DPP PDIP :

[Gambas:Video 20detik]

(eva/mae)