Pemprov DKI Setuju Revisi Perda Budaya Betawi Larang Pengamen Ondel-ondel

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 16:13 WIB
Ondel-ondel mengamen di car free day (CFD) di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (30/12/2018).
Ondel-ondel mengamen di car free day (CFD) di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (30/12/2018). (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku sepakat dengan DPRD untuk mengevaluasi keberadaan pengamen ondel-ondel. Pemprov sedang menyusun naskah akademik untuk merevisi Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi itu.

"Pak Kepala Dinas (Kebudayaan) setuju ada evaluasi keberadaan pengamen ondel-ondel. Kami akan buat naskah akademis terlebih dahulu sebagai prasyarat perubahan Perda," ucap Sekretaris Dinas Kebudayaan Imam Hadi Purnomo saat dihubungi, Selasa (11/2/2020).

Imam menyebut naskah akademik akan diselesaikan secepatnya. Namun dia tidak mengetahui kapan naskah itu akan selesai dan diserahkan kepada DPRD.

"Saya koordinasi dulu terkait time line-nya," kata Imam.

Saat ini, Dinas Kebudayaan akan melakukan langkah dalam jangka pendek. Mereka akan berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk menangani masalah pengamen ondel-ondel.

"Semacam (imbauan pelarangan) itu, bersama lurah dan camat. Pendekatannya dengan persuasif dahulu. Penertiban dilakukan sebagai opsi terakhir," ucap Imam.

Selanjutnya
Halaman
1 2