Prabowo Perintahkan Gerindra Dukung Gibran di Pilwalkot Solo

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 13:27 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan prosesi potong tumpeng dalam perayaan HUT ke-12 Gerindra. Prabowo memberikan potongan tumpeng kepada Anies-Sandi.
Ketum Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

Dasco pun enggan berspekulasi apakah partainya akan mengusung Gibran jika putra sulung Jokowi itu tak diusung oleh PDIP di Pilwalkot Solo. Begitu juga apakah Gerindra nantinya akan berkoalisi dengan PDIP jika partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memutuskan mengusung Gibran.

"Kita belum bisa sampaikan seperti itu, menanggapi hal tersebut mungkin nanti akan ada badan seleksi yang sudah ditunjuk dan bekerja untuk itu. Ya nanti itu kewenangan sepenuhnya di badan seleksi untuk menentukan koalisi dengan siapa," ujar Dasco.

Saat ditanya apa pertimbangan Prabowo memberi arahan mendukung Gibran, Dasco mengatakan hal itu karena pertimbangan koalisi.

"Koalisi," ujar Dasco.

Tak hanya Gerindra, dukungan untuk Gibran juga diberikan Partai Demokrat. Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut sudah merestui partainya mendukung Gibran.

Gibran sendiri maju sebagai cawalkot melalui PDIP. Gibran kemarin telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPP PDIP untuk mendapatkan rekomendasi sebagai cawalkot Solo.

Halaman

(azr/mae)