'Emas Batangan' Bergambar Sukarno di Jambi Ternyata hanya Kuningan

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 12:58 WIB
Emas batangan bergambar Sukarno di Jambi dicek keasliannya, ternyata kuningan (dok. Polsek Tengah Ilir)
Foto: 'Emas batangan' bergambar Sukarno di Jambi dicek keasliannya, ternyata kuningan (dok. Polsek Tengah Ilir)
Jambi -

Emas batangan bergambar Presiden ke-1 RI Sukarno yang ditemukan warga di Jambi ternyata palsu. Polisi telah memastikan kepalsuan emas tersebut setelah dilakukan pengecekan.

"Pengecekan sementara, kata kapolsek bukan emas. Sejenis kuningan," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Kuswahyudi saat dimintai konfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Dia mengatakan pemilik 'emas batangan' tersebut sudah dimintai keterangan terkait kepemilikan dan kronologi penemuan benda tersebut. Untuk memastikan keaslian benda tersebut, dilakukan pengecekan di toko emas.

"Setelah kita lakukan pengecekan dengan kita bawa ke toko emas ternyata itu bukanlah emas, itu palsu. Ini sudah kita coba cek di setiap toko emas dan benar itu bukan emas," kata Kapolsek Tengah Ilir, AKP MT Siregar, saat dikonfirmasi terpisah.

Informasi penemuan emas tersebut sempat menghebohkan masyarakat. Di benda berbentuk kotak tersebut terdapat gambar timbul Sukarno dan burung garuda di sisi sebaliknya. Terdapat pula tulisan 24 dan BI 999.9%.

Foto: 'Emas batangan' bergambar Sukarno di Jambi dicek keasliannya, ternyata kuningan (dok. Polsek Tengah Ilir)

Setelah diketahui palsu, polisi juga akan melakukan penyelidikan terhadap penemuan yang disebut merupakan emas itu. Penyelidikan tersebut sebagai langkah polisi untuk mencari tahu apakah ada unsur kesengajaan dari seseorang untuk membuat heboh masyarakat.

"Nanti setelah kita tahu itu adalah emas palsu, kita akan melakukan penyelidikan kembali apakah ada yang sengaja meletakan barang itu untuk membuat heboh atau itu adalah peninggalan lama nanti kita akan lakukan penyelidikannya. Jika ternyata ada yang sengaja membuat heboh akan kita koordinasikan ke Polres apa masuk ke ranah pidana," ujar AKP Siregar.

Benda tersebut diketahui memiliki berat sekitar 466,70 gram setelah dilakukan pengecekan kadar berat ke pihak pegadaian. Pegadaian pun menyampaikan benda tersebut bukan emas.

"Dan ternyata dari pihak Pegadaian itu juga bukanlah emas melainkan sekedar kuningan. Namun kita akan coba cek lagi kepastiannya untuk koordinasi sama Polres Tebo," terang AKP Siregar.

Sebelumnya diberitakan, sebuah benda berupa emas ditemukan oleh seseorang bernama Erwin, warga RT 03, Desa Penapalan, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo Jambi. Penemuan itu 'emas batangan' bergambar Sukarno itu sempat bikin heboh masyarakat setelah videonya sempat viral di media sosial.

(jbr/jbr)