Hadirnya Hatta Rajasa di Kongres PAN Dinilai Obati Rindu Kader

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 10:30 WIB
Kongres PAN yang digelar Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi dibuka. Berikut foto-foto suasananya.
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Kehadiran Hatta Rajasa di Kongres PAN di Kendari turut menyita perhatian peserta. Sebab mantan Ketua Umum PAN 2010-2015 diketahui jarang hadir di beberapa acara partai berlambang matahari putih tersebut.

Hatta yang dikenal dengan sebutan Mr Silver Hair ini disambut saat memasuki lokasi pembukaan Kongres PAN yang digelar di Lapangan Tugu Persatuan, Kendari, Senin (10/2/2020) malam.

"Hatta... Hatta... Hatta.." teriak para peserta.

Pengamat Politik The Habibie Center Bawono Kumoro menilai antusiasme peserta kongres kepada Hatta Rajasa merupakan hal yang wajar. Sebab, Hatta memiliki posisi khusus di memori kader PAN, terutama keterlibatannya dalam kontestasi Pilpres 2014.

Menurut Buwono, kehadiran mantan Menteri Menko Perekonomian tersebut seakan mengobati rindu para kader PAN.

"Pilpres adalah 'panggung politik mewah' dengan publisitas luar biasa. Bayangkan sepanjang satu tahun lebih media meng-cover pemilihan presiden dan wakil presiden, di mana efeknya membekas untuk waktu yang lama," ujar Buwono dalam keterangan tertulis, Selasa (11/2/2020).

Seperti diketahui, Hatta merupakan salah satu pendukung kandidat calon ketua umum (caketum) yang memperebutkan kursi PAN-1 di kongres nanti, yaitu Asman Abnur. Asman akan bertarung melawan petahana Zulkifli Hasan (Zulhas), Mulfachri Harahap yang didukung Amien Rais, dan Drajad Wibowo.

Pembukaan Kongres V PAN dihadiri oleh para DPW dan DPD se-Indonesia, para elit partai, kandidat ketua umum, serta undangan khusus Sandiaga Uno hingga Gubernur Sulawesi Tenggara. Namun, Amien Rais dan Mulfachri Harahap dilaporkan absen.

(ega/ega)