Pakai Ganja untuk Kesehatan, Desainer Swiss Diadili di Bali

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 08:14 WIB
Desainer dari Swiss diadili di Bali
Foto: Desainer dari Swiss diadili di Bali (antara)
Denpasar -

Seorang perancang busana asal Swiss Raphael Hoang (45) diadili karena menggunakan narkotika jenis ganja seberat 30,04 gram netto untuk diri sendiri. Selain untuk dirokok, ganja juga dipakai layaknya minum teh.

"Bahwa terdakwa sebagai penyalahguna narkotika golongan I berupa ganja bagi dirinya sendiri," kata Jaksa Penuntut Umum, I Made Dipa Umbara, dalam dakwaan ketiga di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (11/2/2020)/

Jaksa menjelaskan bahwa Raphael Hoang didakwa dengan tiga pasal yaitu pasal 113 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, pasal 111 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Terdakwa yang didampingi dua pengacaranya beserta penerjemah tidak mengajukan keberatan dan persidangan berlanjut pada pertemuan berikutnya dengan agenda menghadirkan saksi - saksi.

Jaksa Dipa Umbara menjelaskan kasus bermula ketika terdakwa tiba di Bandara Ngurah Rai dengan rute penerbangan Hong Kong - Denpasar. Setelah itu terdakwa melewati pemeriksaan x-ray dan terlihat gerak gerik mencurigakan, untuk itu petugas Bea Cukai melakukan pemeriksaan secara mendalam.

Simak juga video 4 Pembuat Ganja Sintetis di Surabaya Dibawa ke Jakarta:

Selanjutnya
Halaman
1 2