Round-Up

Sindiran Toleransi Basa-basi untuk Terowongan Silaturahmi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 06:35 WIB
Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang berseberangan
Potret Masjid Istiqlal yang berseberangan dengan Gereja Katedral (Foto: Johanes Randy/detikcom)
Jakarta -

Rencana menghubungkan dua bangunan ikonik di Ibu Kota sebagai perwujudan toleransi kembali menuai sindiran. Terowongan yang bakal mendekatkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral dinilai perlu ditinjau ulang.

Bermula dari tinjauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah proyek renovasi Masjid Istiqlal pada Jumat (7/2) lalu. Jokowi mengaku mendapatkan masukan mengenai pembangunan terowongan tersebut.

"Tadi ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui sekalian, sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi," kata Jokowi.

Sindiran Toleransi Basa-basi untuk Terowongan SilaturahmiPresiden Jokowi saat meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)

Terowongan yang dimaksud adalah terowongan bawah tanah. Seperti diketahui, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral memang berlokasi berseberangan dan hanya dipisahkan jalan raya.

"Tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi. Terowongan bawah tanah, sehingga tidak nyeberang. Sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahmi," ucap Jokowi.

Jokowi yakin renovasi Masjid Istiqlal selesai pada April 2020, sehingga bisa dipakai saat bulan Ramadhan. Jokowi juga menekankan renovasi dilakukan secara hati-hati.

"Tapi banyak hal yang memang tidak bisa dikerjakan karena heritage. Ini adalah warisan pusaka sehingga pengerjaannya harus hati-hati, tidak boleh merusak," kata Jokowi.

Dukungan pun datang dari Komisi VIII DPR RI Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily menilai terowongan tersebut dapat memperkuat silaturahmi antar-umat di Indonesia.

"Dengan adanya terowongan ini, semakin memperkuat silaturahmi antar umat beragama dalam kerangka memperkuat ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa)," kata Ace kepada wartawan, Jumat (7/2).

Namun ada pula suara sumbang yang terdengar. Dari mana?

Jokowi Setuju Ada 'Terowongan Silaturahmi' Istiqlal-Katedral:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3