Petugas Kebersihan Mimika Papua Berhenti Mogok, Sampah Mulai Diangkut

Saiman - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 05:56 WIB
Petugas kebersihan membersihkan sampah di Timika, Papua
Foto: Saiman/detikcom
Timika -

Petugas Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika kembali melakukan aktivitas mereka pagi ini. Sebelumya mereka melakukan mogok kerja.

Berdasarkan pantauan, Selasa (11/2/2020) pagi, sampah-sampah yang sebelumnya berserakan karena tidak dibersihkan petugas di sebagian titik di kota Timika sudah mulai dibersihkan. Sehari sebelumnya petugas mogok kerja hingga sampah menumpuk.

Menurut salah satu petugas, Y, hari ini pembersihan sampah kembali dilakukan lantaran janji kepala dinas beserta beberapa perwakilan dari petugas kebersihan akan bertemu dengan Wakil Bupati Mimika untuk menyelesaikan permasalahan petugas kebersihan hari ini.

"Kami kerja hari ini karena mereka (kepala dinas) janji hari ini mau ketemu wakil bupati dan sekda," Kata Y saat tengah mengangkat sampah.


Y menambahkan selama bekerja tidak ada fasilitas pelindung diri seperti sarung tangan, masker dan lainnya.

"Coba lihat, kami kerja tidak pakai sarung tangan, masker, begitu mereka (dinas) menuntut kerja baik, harus bersih, terus kami tidak di perhatikan," ucap Y.

Aksi mogok yang dilakukan petugas kebersihan pada Senin 10 Februari 2020 menuntut hak kenaikan upah seperti yang disebut-sebut dijanjikan kepala Dinas. "Kota bersih gaji akan dinaikan." Mereka juga meminta makanan diuangkan karena makanan yang diberikan dianggap tidak layak makan serta masalah lainnya adalah transparansi dalam pengupahan.

Simak juga video Eks Pejabat Kemenkeu Akui Dijanjikan Fee oleh Sukiman:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/isa)